Sabtu, Juni 6
Shadow

Perkembangan Cosplay Di Seluruh Dunia

Untuk masyarakat awam pasti belum pernah mengetahui tentang Cosplay, namun bagi pecinta Otaku (sebutan buat penggemar anime) pasti tidak akan asing lagi. Saat ini didunia termasuk Indonesia sangat banyak orang yang tertarik dengan fenomena Cosplay yang menjadikan hobi yang menyenangkan bagi mereka. Hal itu mulai dari kostum karakter anime, film, superhero dan lain lain. Fenomena ini berkembang sangat pesat dengan sebutan cosplay.

Asal Usul Cosplay Dari Asalnya

Perkembangan Cosplay Di Seluruh Dunia

Cosplay sendiri berasal dari kata Costume dan play yang memiliki arti kegiatan menggunakan pakaian mirip anime anime ataupun film. Banyak yang menyebutkan bahwa cosplay berasal dari Jepang, namun setelah ditelusuri kembali fenomena cosplay ini berasal dari Amerika Serikat yanfg memiliki kebudyaan menggunakan kostum film fiksi yang terkenal “Star Trek atau Star Wars”.

Hal itu terus berkembang dan mulai tersebar setelah diadakan Perayaan Halloween dan perayaan Paskah. Istilah Cosplay tersebut baru dikenal di Jepang setelah seorang Reporter asal Jepang bernama Nobuyuki Takahashi menghadiri Acara Worlcon di Los Angeles, USA.

Dan sekitar tahun 1980 an gitu hobi coplay semakin menyebar ke seluruh dunia ditandai dengan banyak orang yang mengenakan kaus T-shirt pemain bola Kapten Tsubasa yang terkenal pada saat ini.

Istilah Dalam Dunia Cosplay

Berikut beberapa istilah dalam dunia Cosplay yang belum dikenal oleh masyarakat umum.

  • Cosu = singkatan dari Cosplay yang banyak disebut dengan hanya menyebut “Cosu”
  • Cosplayer = istilah para pemain cosplay
  • Kameko -> sebutan bagi photographer yang suka memoto cosplayer
  • Potses / Phoses à singkatan dari Photosession atau sesi foto).
  • Crossplay -> merupakan istilah bagi orang costplay dengan gender yang berbeda dari aslinya, contoh kadang cosplayer laki laki berdandan mengenakan tokoh perempuan ataupun sebaliknya
  • Toku -> istilah tokusatsu atau karakter special contohnya karakter pada kamen rider.
  • Otaku -> fanatik, dimana seseorang yang sangat mengemari sesuatu dalam Bahasa Jepang.
  • Gath -> gathering, dimana sebutan untuk komunitas cosplay
  • Costeet -> gabungan darikata cosplay dan street yang berarti para costplayer data ke event hanya untuk berkumpul tanpa adanya kontes.
  • Moe -> istilah untuk manis atau imut, tapi kata moe hanya untuk karakter fiksi saja.
  • Loli/ Lolita -> dimana fashion dalam hal berpakaian anak perempuan feminism
  • Gotik -> istilah fashion yang berwarna dark atau warna hitam.

Perkembangan Cosplay di Indonesia

Saat ini bukan hanya orang – orang jepang dan korea yang tertarik melakukan hobi cosplay, namun banyak orang asing yang mengubah hoby dan profesinya menjadi cosplay professional termasuk Indonesia salah satunya. Mari kita simak beberapa cosplay ternama yang sudah mengikuti contest cosplay international.

Saat ini kontes cosplay pun sudah diwajibkan menjadi menu tahunan bagi penggemar anime Jepang. Dan mencosplay pun bukan hanya sekadar hobi biasa melainkan bisa menjadikan profesi yang cukup bagus untuk kita semua. Bagaimana sobat? Tertarik menjadi seorang Cosplay international gak? Kalau iya mari kita bergabung ke Gath atau perkumpulan Cosplay Indonesia maupun International.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *